Darti Isyanti ke 28: Blog sebagai media dokumentasi

 Penulis : Darti Isyanti

Judul     : Blog sebagai media dokumentasi

Resume ke-28

Gelombang -29

Tanggal 28

Agustus  2023

Nara Sumber :  Bambang Purwanto, S. Kom., Gr

Moderator : Sita, S.Pd








Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh. 

malam ini kembali kuliah dengan pak bram dan kak Sita. Malam ini akan membahas mengenai Blog sebagai media dokumentasi.

Blog singkatan dari WeBlog adalah jenis situs web yang menyerupai tulisan- tulisan pada halaman web. 

Biasanya digunakan untuk menulis beragam tema, promosi, dsbnya. Bisakah blog digunakan sebagai hal lain. Jawabnya BISA.

Kali ini kita akan belajar memanfaatkan blog sebagai media dokumentasi, refleksi diri siswa. 

kak Sita membuka acara dengan mengucapkan salam: 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera

Om Swastiastu

Nammo budhaya

Salam Kebajikan 

Malam ini, saya Purbaniasita (Sita) akan menemani sahabat Nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya.

Kuliah malam ini dibagi menjadi 4 sesi:

1. Pembukaan

2. Pemaparan materi 

3. Tanya Jawab 

4. Penutup 

Pemateri kita yang luar biasa malam ini adalah seorang guru TIK, pegiat literasi, pendongeng, blogger, MC dan aktivis masyarakat. Luar biasa bukan pemateri kita malam ini  adalah Bapak Bambang Purwanto, S. Kom.,  Gr., CPS atau lebih dikenal dengan nama Mr. Bams Orang bilang tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, supaya kita lebih mengenal dan sayang pada Mr. Bams, marilah kita intip profil beliau yang luar biasa ini

https://penamrbams.id/cv-bambang-purwanto/

 Materi malam ini sedikit berbeda dengan materi-materi sebelumnya. Hal yang manarik justru bapak-ibu yang berada di kelas ini tentunya menjadikan blog sebagai media untuk mendokumentasikan tulisan-tulisan. Entah awalnya hanya karena bergabung dikelas ini. 

 Blog yang kita gunakan sesungguhnya bisa membantu dalam proses pembelajaran. Profesi guru yang kita emban ini adalah profesi utama yang sangat mulia. Blog bisa diisi dengan materi yang kita ajarkan kepada siswa kita di kelas.  ijinkan menampilkan tampak depan website penamrbams.id


Perlu bapak ibu ketahui sebelum menjadi website sekarang penamrbams.id merupakan blog yang bernama bepenamrbams.wordpress.com. Tanggal 27 April 2020 dalam suasana Covid-19 maka lahirlah www.penamrbams.id. Senang rasanya bisa melahirkan sebuah website, walau harus bayar sekitar 800 ribu, kini sudah 1juta per tahun biaya operasionalnya.

Hobi menulis memang sangat pas, bila memiliki blog atau website. Kita sangatlah leluasa mau menyimpan tulisan apapun, karena blog atau website milik sendiri. Bahkan penamrbams.id pernah membantu pelaksanaan Kelas Menulis sehingga banyak dikunjungi.

Refleksi Diri Siswa

Pada saat akhir pembelajaran setiap siswa diminta untuk menuliskan refleksi diri. Isi dari refleksi diri adalah perasaan siswa dan apa saja yang didapat dan dirasakan oleh siswa. Selain itu siswa bisa memberikan masukan kepada gurunya (Mr. Bams) agar bisa tampil mengajar dan melayani siswa dengan baik.

Pertanyaan Refleksi Diri

Tuliskan dalam bentuk paragrap. Apa yang dipelajari hari ini? Silahkan dijelaskan. Materi apa yang masih menjadi kesulitan bagi kalian (harus dijelaskan kembali)? Bagaimana perasaan kamu saat belajar bersama Mr. Bams? Adakah masukan untuk  Mr. saat pembelajaran hari ini? Kalau ada jelaskan. Mohon jelaskan dengan kalimat lengkap tidak dalam bentuk jawaban sebuah pertanyaan. Contoh : Hari ini saya ulangan bab 1. Sebelum ulangan Mr. Bams menjelaskan tujuan ulangan tidak hanya mendapatkan nilai, akan tetapi melatih kejujuran dan kepercayaan diri. Hari ini perasaan saya sangat senang belajar Mr. Bams karena sebelum dan selama ulangan berjalan dengan lancar. Masukannya kalau bisa ulangannya tidak esai semua.

Isian ini saya olah menggunakan excel. Setiap siswa yang mengisi akan mendapatkan poin 10. Oh iya, tahun ini 2023/2024 menjadi 15 poinnya. Poin bisa dikonversi ke Nilai. Nilai Refleksi diri saya buat kesepatan dengan anak-anak bisa menjadi Nilai Ulangan atau Nilai Tugas.

Bambang Penulis: Nah apa saja keuntungannya ?

 Bagi Siswa

1. Disiplin melakukan pengisian secara rutin diakhir pembelajaran

2. Melatih praktik kemampuan menulis

3. Hasil tulisan bisa dibaca ulang

4. Bagi yang tidak hadir bisa mendapat gambaran proses kegiatan pembelajaran

 Bagi Guru

1. Seberapa taat siswa menulis refleksi diri, sehingga siswa disiplin untuk menulis setiap minggunya

2. Mendapatkan masukan dari siswa tentang pembelajaran

3. Memberikan kesempatan siswa untuk berpendapat atau menyampakan perasaannya

4. Alat ukur kedisiplinan

Contoh : Refleksi Diri kelas 7A absen 22 pada tanggal 21 Agustus 2023

Hari ini aku belajar bersama Mr.Bams. Aku diajarkan untuk membuat folder dan save file ke folder. Penjelasan Mr.Bams sangat mudah dimengerti. Mr.Bams sangat sabar saat mengajar kelas 7A yang ributnya seperti pasar malam. Pelajaran hari ini asik banget. Aku suka Informatika karna gurunya (Mr.Bams) yang supportive banget. Makasih buat Mr.Bams udah ngajar 7A.

 Hal yang menarik saya lakukan adalah membaca refleksi diri saat mau tidur. Senangnya bisa membaca tulisan anak-anak yang kadang bisa membuat tersenyum, senang, bahagia bahkan kadang terharu dan menitikan air mata. Serasa tak percaya kok bisa ya seperti ini.

Pada hari ini, kita pada awal pembelajaran melakukan ice-breaking di Quiziz mengerjakan 3 soal nomor, kita juga hari ini mencoba membuat satu program javascript di notepad dan jika sudah jangan lupa copy paste dan masukkan hasil programnya ke Word, masukkan pula ke Google Drive kita masing-masing, hari ini tidak ada masukan dari saya, Mr. Bams jangan lupa untuk menjaga kesehatan bapak dan istirahat yang cukup, Ancel tau bapak sedang banyak adanya pekerjaan dan tugas. Semoga hari-hari dan kegiatan kita semua dilancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

✧・゚Terimakasih・゚

hari ini saya sangat senang bisa belajar kembali bersama mr bams di lab tik kita belajar tentang kepercayaan diri,saling menghargai dan menyenangkan orang lain dan hari ini pembelajaran materi nya masih belum terlalu serius kita tdi hanya belajar elemen dasar dan menghafal kan lalu kita juga memrefleksi saat di akhir hari ini juga saya sangat merasa termotivasi dan semakin semangat untuk belajar tik saya juga kagum pada mr bams karena di berhasil membantu saya lebih percaya diri dan mr bams juga berhasil memperbarui web penamrbams dan semakin bagus saat diawal awal pembelajara saya sangat senang karena bisa dapet poin yang banyak saya juga membantu menjawab pertanyaan mr bams. ini tulisan yang ditulis oleh kelas 9 diawal pertemuan pembelajaran.

Terimakasih pak bams dan kak Sita. Resume malam ini cukup sekian dan terimakasih. 

Wassalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh .

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay