Darti Isyanti/ Hari ke -1: Menulis setiap hari

Penulis : Darti Isyanti, M.Pd

Judul : Menulis Setiap Hari

Resume ke 1

Gelombang -29

Tanggal 19 Juni 2023

Nara sumber : Om Jay ( Wijaya Kusuma, M.Pd )

                        Ibu Raliyanti




Ibu Ralianti membuka acara  dengan memperkenalkan diri nama dan sebagai tim solid omjay. Ibu Ralianti memberikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung. Beliau mengatakan dengan tekat dan niat yang kuat semua bisa dilalui.Bu ralianti juga mengingatkan agar mengecas Hp dan laptop serta menyiapkan cemilan dan memperlilahkan kepada peserta untuk mengisi daftar hadir. Bu rliyanti memimpin doa dan menuliskan susunan acara yang terdiri dari( pembukaan, Paparan materi, tanya jawab dan penutup).

Ibu ralianti mengarahkan untuk mengisi GF daftar hadir dan bila ada yang ditanyakan ke nara sumber boleh japri ke bu Ralianti. Bu ralianti memperkenalkan nara sumber malam ini yaitu om jay. Slide profil beliau di share di goup. 

Om jay berterimakasih kepada MC dan menyapa para peserta serta menjelaskan bahwa beliau saat ini masih berada di lap sekolah karena sedang menulis kisah beliau.,  Om jay juga belum menyiapkan materi namun om jay punya banyak cadangan amunisi  untuk mengisi materi. Om jay juga membagiukan buku dengan judul "Menulislah Setiap hari".

Omjay memberi motivasi untuk menulis, apapun yang dihadapanmu maka tulislah. Menulis adalah sebuah kebutuhan. menulis perlu mempelajari titik, koma, tanda tanya, tanda seru dan lain-lain. Omjay mengatakan  menulis perlu suasana sepi. Beliau mencontohkan bahwa dahulu Blok M sangatlah ramai dan menjadi favorit anak muda jaman 1990 an.

Omjay juga memiliki beberapa bloger. Beliau memperkenalkan tamu yang hari ini datang dari Makasar. Trik Om jay yaitu menulis 500 kata dalam satu hari. Mulailah menulis 3 paragraf dan kembangkan sendiri. Om jay mengatakan dengan menulis setiap hari artinya kita bersedekah  kepada sahabat yang haus akan ilmu.

pada sesi tanya jawab ada beberapa pertanyaan yang luarbiasa. Saya menuliskan kembali beberapa pertanyaan.  Omjay menjawab pertanyaan apabila ia bosan apa yang Omjay lakukan. Omjay menjawab ia akan ke toko buku dan mencari buku best seller.Saya bertanya kepada Omjay pada pertanyaan nomor 12 dengan pertanyaan yaitu Pastinya Omjay super sibuk bagaimana cara Omjay meluangkan waktu untuk menulis dan apakah sekolah Omjay sudah menerapkan p5? Omjay menjawab: akan menyelesaikan satu persatu dan mengenai P5 bisa dilihat di Youtube SMP Labschool Jakarta. Omjay juga menjawab bagaimana beliau meningkatkan kualitas tulisan yaitu dengan rajin berlatih, banyak aktif di media sosial dan harus cari tim yang sehati seperti tim solid Omjay. Peserta bertanya apakah bila sedang menulis sesuatu dan kita tertarik pada tema yang lain bagaimana sikap kita? Omjay menjawab, "Sebaiknya fokus dengan tema awal kita". 

Pernyataan Omjay:

Menulis setiap hari harus kita mulai dengan percaya diri. rat-rat kita adalah sarjana dan pernah menulis tugas akhir berupa skripsi. Menulis setiap hari memang harus dipaksa dan lawan kemalasan diri sendiri. Setiap orang bisa menulis dan untuk menulis yang baik perlu latihan dan berguru pada pakarnya. Omjay dulu berguru pada Dedi Dwitagama (saya juga kenal beliau sudah lama ketika menjadi kepala sekolah SMK 36 Jakarta). Siapa sangka seorang guru yang tidak dapat menulis kini karyanya dibaca oleh semua orang dipelosok negeri dengan adanya Fb dan Twitter. Kata OMjay : MENULISLAH SETIAP HARI DAN BUKTIKAN APA YANG TERJADI".



                                                                                                                                        Penulis,

                                                                                                                                           Darti Isyanti




Komentar

  1. Bagus ibuu tulisannyaa.....semangat terus menulis...

    BalasHapus
  2. tetap terus menulis dan blog walking ke blog teman... semoga terinspirasi

    BalasHapus
  3. Terimakasih ibu setyowati, ibu umi, ibu ratna,ibu ralianti, ibu mayarina. tereus terang saya senang sekali mendapatkan komentar. maaf sya baru pemula ...memberi komentar juga baru tahu caranya. Mohon maaf kalau sy tidak komentar selama ini karena ngak tahu bagaimana caranya. saya baru pemula di bloger. Kadang kalau diberi tugas menulis hanya menulis saja tapi tidak komentar dan tidak membuka blog orang lain. Terimakasih atas suport bunda.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay