Darti Isyanti ke 22 : Menulis Buku Ajar

 Penulis: Darti Isyanti

Judul     : Menulis buku ajar

Resume ke-22

Gelombang -29

Tanggal 14 Agustus  2023

Nara Sumber : Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd

Moderator      : Sigid, S.H












Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh.

Malam ini kembali kuliah bersama KBMN  memasuki pertemuan ke 22 bersama nara Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd dan moderator  Sigid, S.H. Pada pertemuan kali ini akan membahas mengenai Menulis Buku Ajar. Siapa yang paling mengetahui karakter siswa kita? 

Kelebihan dan kekurangannya? 

Tentu saja kita sendiri, gurunya. Lantas mengapa buku ajar yang kita miliki notabene dibuat oleh pihak lain bukan kita gurunya sendiri.Saatnya kita bergerak, melangkah lebih berani untuk membuat Buku Ajar untuk anak didik yang kita sayangi. Bersama Narasumber luar biasa, peraih nominasi buku Perpusnas terbaik nasional. 

Sigid Purwo Nugroho malam ini kembali bertugas menjadi moderator di KBMN PGRI Gelombang 29 pertemuan ke-22.Adapun susunan acara pada malam hari ini, yaitu:

1. Pembukaan
2. Paparan Materi
3. Tanya Jawab
4. Penutup

ini pengantar dari saya kalimatnya amat menyentuh sehingga dari cape perjalanan menjadi segar bugar ingin segera menunmpahkan ilmu dan sharing malam ini khususnya bpk dan ibu guru KBMN PGRI gelombang 29. eh..tak terasa gelombang 1- sampai saat ini sudah berjumlah 29, saya sbg murid OmJay alumni gelombang 4 sangat bangga menjadi bagian dari penyemangat di gelombang selanjutnya

 

 
Yang terhormat OmJay guru saya, Bunda Kanjeng motivator saya, Prof Eko pemberi spirit saya sampai mengantarkan saya peraih penulis terbaik 1 perpusnas tema pembelajaran jarak jauh di th 2021, terima kasih tak terhingga para suhu2 saya di grup ini, tanpa beliau saya bukan apa2, sekali lagi saya berterima kasih. baik teman-teman, malam ini giliran saya berbagi pengalaman bagaimana merancang buku ajar yg mendaji tugas dan tanggungjawab seorang guru yang seharusnya jatah giliran saya besok malam, namun tidak menjadi kendala bagi saya karena di malam hari sudah terbiasa menjadi bagian hidup saya yaitu selalu dekat dengan laptop.

 

Ciri utama untuk mewujudkan ide-ide kreatif saya adalah hobby di depan laptop, kemana saja sll bawa bahan ketikan entah itu lewat HP ataupun pkai bahan menulis lainnya. Sehingga ide on the spot selalu segar dan tidak menunda apa yg saat ini kita pikirkan,, ini yang saya sebut   istilah penelitian saya pakai yaitu buku itu hrs mengandung novelty  atau kebaharuan.

 

Bapak Ibu Guru saat ini berhadapan dengan siswa yg milenial, kita kalah dalam hal pemanfaatan teknologi dibanding siswa kita, shg bgmn kita hrs bisa mengimbangi kebutuhan siswa agar mereka mau menerima materi kita dan mereka tidak jenuh sehingga info dari kita tersampaikan dengan baik, buku saya rata-rata adalah buku ajar. Karena sy mengajar di perguruan tinggi maka saya membuat buku untuk mahasiswa latar belakang pendidikan saya pendidikan BK, jd buku saya kebanyakan mengangkat tema mata kuliah BK. Nah skr bpk ibu kembali pada kepakarannya masing2, apa bidang keahlianny. skr kita menusuk kepada materi bahan ajar materi lengkap saya ada di PPT sy silakan bapak ibu baca2 saat santai, malam sy progres tanya jwb seputar buku ajar yg ringan.

 Silakan browsing judul buku terbaik Perpusnas dg ketik nama Dr. Mudafiatun Isriyah, M.Pd. Saya lanjutkan materi pertama selain yg ada dlm materi PPT yg terpenting adalah: 

1. Tentukan Tujuan dan Sasaran:

Pahami tujuan dan sasaran dari buku ajar yang ingin di buat. Apakah buku ini akan digunakan untuk mengajar mata pelajaran tertentu, mengajarkan keterampilan khusus, atau mendukung metode pembelajaran tertentu? Selamat kepada yg tercepat nanti akan dikirim buku dari saya

2. Riset dan Konten:

Kumpulkan materi pelajaran yang akan dimasukkan ke dalam buku ajar. Ini dapat berupa teks, ilustrasi, grafik, contoh, latihan, dan lain sebagainya. Pastikan konten yang disertakan akurat, relevan, dan sesuai dengan kurikulum atau standar yang berlaku.

3. Struktur dan Penyusunan:

Rencanakan struktur buku ajar. Bagi konten menjadi bab atau bagian yang terorganisir dengan baik. Pertimbangkan konsep yang disajikan. Menurut Prof Eko tulisan mengandung prose 5W 1 H

4. Desain dan Tata Letak: Pertimbangkan desain visual buku ajar. Biasanya ini diserahkan pd penerbit ya

 5. Gaya Penulisan:

Pilih gaya penulisan yang sesuai dengan target audiens. Gunakan bahasa yang jelas, lugas, dan mudah dipahami. Hindari penggunaan istilah yang terlalu teknis jika buku ajar ditujukan untuk guru dan siswa  dari berbagai latar belakang.

6. Mulai menulis:

Dengan melibatkan guru yang lain, bisa diskusi, studi kasus, atau latihan praktis untuk mengaplikasikan konsep yang diajarkan.

7. Review dan Uji Coba:

Sebelum menerbitkan buku, mintalah umpan balik dari rekan guru atau ahli pendidikan. Uji coba buku di kelas atau dalam kelompok fokus untuk mengidentifikasi potensi perbaikan.

8. Legalitas:

Uji Plagiasi, memiliki izin atau lisensi yang diperlukan untuk menggunakan materi sendiri. Ini termasuk gambar, ilustrasi, kutipan, dan lain-lain.

9. Penerbitan:

Pilih opsi penerbitan   ingin menerbitkan buku dalam bentuk cetak atau digital. di sini sdh ada beberapa penerbit spt OASE

10. Media Pendukung (Opsional):

Buku ajar modern juga dapat didukung oleh media online, seperti situs web pendukung, video pembelajaran, atau platform pembelajaran digital. Ini dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan pengguna.




Demikianlah resume malam ini. semoga bermanfaat buat saya dan pembaca.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay