DartiIsyanti/ ke 15: Menyusun buku Secara Sistematis

 Penulis: Darti Isyanti

Judul     : Menyusun buku secara sistematis

Resume ke-15

Gelombang -29

Tanggal 27 Juli 2023


Nara sumber : Yulius Roma Patandean, S. Pd

Moderator     : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd  












Assalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuh.

Bagaimana sebuah buku itu nyaman dibaca?  Kadang membacanya seolah kita melahap sajian yang membangkitkan selera. Bahasanya, kajian, dan materinya runtut dan sistematis. Apakah ada triknya menyusun buku seperti itu? 


Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Salam sejahtera

Om Swastiastu

Nammo budhaya

Salam Kebajikan 

Malam ini, kembali saya Purbaniasita (Sita) akan menemani sahabat Nusantara di kelas Menulis tanpa sekat dan batas. Semoga semangat tetap menyala untuk terus berkarya.Seperti biasa, kuliah malam ini dibagi menjadi 4 sesi:

1. Pembukaan

2. Pemaparan materi 

3. Tanya Jawab 

4. Penutup 

Bagi yang ingin bertanya, silakan menggunakan format nama, asal sekolah, dan pertanyaan. Kirim ke 082131167414 (Sita )Malam hari ini narasumber kita yang luar biasa berasal dari Tana Toraja Provinsi Sulawesi Selatan. Beliau mempunyai banyak prestasi diantaranya adalah. Pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA  pada Porseni PGRI  prov. Sulawesi Selatan tahun 2017. Guru berprestasi jenjang SMA prov. Sulawesi Selatan tahun 2021 . Peraih 2 medali emas dan 3 medali perunggu Gurulympic tahun 2020 .Dan masih banyak prestasi lain yang beliau dapatkan.Pada malam hari ini materi kita adalah Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis. Cocok sekali dengan tugas terakhir supaya kita bisa lulus dalam kelas belajar menulis ini ya bapak ibu .

Perkenalkan, saya Yulius Roma Patandean. Alumni kegiatan ini di gelombang 9 tahun 2020 yang lalu. Untuk informasi selanjutnya tentang saya, bisa disimak lewat tautan ini: https://romadean.blogspot.com/2021/01/profil.html.

Sangat bahagia bergabung dan belajar bersama bapak/ibu semua untuk belajar menulis buku, secara khusus tentang topik Menyusun Buku Secara Sistematis. Saya yakin dan percaya bahwa teman-teman semua telah memiliki naskah tulisan calon buku. Naskah-naskah tersebut berupa materi-materi selama mengikuti kegiatan ini atau naskah buku berupa cerpen, puisi, biografi, non fiksi, dll yang teman-teman rencanakan sebagai buku solo/karya tunggal. Nah, oleh karena naskah telah siap, tentunya naskah tersebut telah sering dibaca ulang untuk menentukan urutan bab, sub bab, judul, dll. Namun, tidak menutup kemungkinan, teman-teman menghadapi tantangan berupa sistematika tulisannya. Naskah buku yang tertata/tersusun dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, dan merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat. Terdapat sejumlah aplikasi/software yang bisa digunakan untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Diantaranya menggunakan Mandeley dan Zotero. Akan tetapi, pada kegiatan malam ini, saya bagikan video sederhana cara menyusun naskah buku secara sistematis. Saya menggunakan fitur-fitur Ms Word untuk menyusun naskah buku yang sistematis dan rapi. Teman-teman bisa langsung mempraktekkannya. Tanpa jaringan internet/offline. Seperti apa caranya? Teman-teman bisa menyimak video berikut.

 cara membuat daftar isi : https://youtu.be/eePQwyHAcjw

Cara membuat judul dan sub judul : https://youtu.be/jXPr59aWJSc

Cara membuat indeks: https://youtu.be/mS8bfNZT-rA

Saya pun yakin bahwa teman-teman telah memiliki cara tersendiri dalam menyusun naskah buku secara sistematis. Namun, taka da salahnya mencoba membuat simulasi dan percobaan menggunakan fasilitas yang telah tersedia di PC/laptop/notebook teman-teman. Seringlah menengok naskah teman-teman, baca dan lakukan perubahan pada naskah jika dibutuhkan. Naskah buku  yang tersusun dengan baik tentunya memudahkan pula tim editor di percetakan untuk menerbitkan naskah buku teman-teman, walaupun sudah ada tim editor, ada baiknya teman-teman belajar pula menjadi editor naskah sendiri. Banyak hal yang bisa dipelajari. Dari semua buku solo yang telah saya terbitkan, semuanya saya susun dan lakukan pengeditan menggunakan tata cara pada video yang telah saya bagikan.

        Dinginnya malam tak sedingin es

       Ingin terus bersama tapi tubuh lemes

       Grup KBMN senantiasa merekah

       Terus berkarya catatkan sejarah

Karena pemateri kita malam ini sedang kurang enak badan, untuk pertanyaan bisa tetap dikirimkan pada nomer hp sy 082131167414 selanjutnya akan sy kirimkan pada email bapak Yulius. Mohon maaf pertanyaan bapak ibu akan dijawab bapak Yulius melalui email .

Demikianlah materi malam ini. Wassalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay