Darti isyanti ke 21: Menjadi Penulis Buku Mayor

 Penulis: Darti Isyanti

Judul     : Menjadi Penulis Buku Mayor

Resume ke-21

Gelombang -29

Tanggal 11 Agustus  202

Nara Sumber : Joko Irawan Mumpuni, S.Pd


Moderator     : Lely Suryani, S.Pd









Assalamualaikum Warohmatullahi wabarokatuh.

Senang sekali malam ini dapat berkuliah bersama dengan ahli membuat buku Mayor, di temani dengan moderator yang handal yaitu ibu Lely Suryani, S.Pd

Puji syukur selalu kita panjatkan kehadirat Alloh SWT, Tuhan semesta alam.Sholawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Agung Muhammad SAW, keluarga dan para pengikutnya.Yang saya hormati Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd., selaku guru kita.Bapak Joko Irasan Mumpuni, selaku Narasumber malam ini yang saya hormati .Tentu kepada Bapak Ibu  Narasumber yang tergabung di sini, yang saya hormati pula.Kemudian buat TSO, yang selalu siaga bekerja keras demi kesuksesan dan kelancaran KBMN, semoga bahagia selalu Seluruh peserta KBMN Gelombang 29 yang sentiasa penuh semangat untuk belajar, semoga ilmu yang didapat adalah ilmu yang bermanfaat.

Luar biasa... semua bersemangat untuk terus belajar. Menimba ilmu dari pakar di KBMN 29, yang semuanya menebar ilmu yang bermanfaat. Tentu dari awal opening hingga pertemuan malam hari ini, semua bermanfaat bagi kita. Maka jangan sia-siakan kesempatan langka ini, kerena hanya ada di KBMN saja. Iyah... semua berkat kegigihan pendiri KBMN yaitu Om Jay... @Wijaya Kusumah.


Maka demi kelancaran pertemuan kita, akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu:

1. Pembukaan

2. Perkenalan

3.Pemaparan Materi

4. Tanya jawab

5.Penutup

Saya senang malam hari ini bisa ketemu dengan teman2 semua digrup ini untuk kita dapat belajar bersama-sama bagaimana dapat membuat tulisan yang berguna bagi siapapun yang membacanya.  Jadi pada malam hari ini saya didaulat untuk berbagi pengalaman.Jadi perlu saya luruskan dulu ya.. tidak ada istilah Penulis Buku Mayor. Yang ada adalah Penulis dari Penerbit MayorPenerbit adalah  Industri kreatif yang didalamnya ada kolabarasi insan2 kreatif : Penulis, Editor, Layouter, Ilustrator dan desain grafis.








Ini adalah bagian dari industri kreatif penerbitan cetak, saat ini dan mendatang akan bertambah insan2 kreatif bidang lain yang akan bergabung seiring dengan perkembangan dunia penerbitan yang kini sudah mengarah pada Publisher 5,0. yang memanfaatkan teknologi IT untuk menerbitkan karya2 kreatif.

 






Ada jenis2 buku didunia ini, biasanya klasifikasi jenis buku digambar dengan grafis yang mirip sirip ikan seperti ini:








kategori besar jenis buku adalah buku Teks (buku sekolah-kampus) dan buku Non Teks (buku-buku populer). Buku sekolah disebut buku pelajaran sedangkan kampus disebuat buku Perti (perguruan tinggi). Buku Nonteks  dibagi dua lagi menjadi buku Fiski dan Non Fiksi. Sehingga grafisnya akan tergambar seperti ini:



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay