darti Isyanti/ke 12 : Proofreading sebelum menerbitkan tulisan

 Penulis : Darti Isyanti, M.Pd

Judul     : Proofreading sebelum menerbitkan tulisan

Resume ke-12

Gelombang -29

Tanggal 21 Juli 2023


Nara sumber :  Bapak susanto

Moderator     : Koko Sim












Assalamualaikum Warohmatullahi Wanbarokatuh.

malam ini kembali kuliah bersama KBMN ke -29 dengan nara sumber bapak Susanto, S.Pd dan moderator koko Sim. Malam ini akan membahas mengenai Proofreading sebelum menerbitkan tulisan yaitu mengedit tulisan. Biodata narasumber adalah sebagai berikut :

SUSANTO, nama panggilan PakDSus. Lahir di Desa Gombong, Kebumen tahun 1971. Susanto adalah guru SDN Mardiharjo, Kec. Purwodadi, Kab. Musi Rawas, Sumatera Selatan. Belajar menulis di Grup WA Belajar Menulis Gelombang 15 (2020), ikut proyek antologi pertama Ukir Prestasi dan Tebar Inspirasi (2020) bersama Ibu Sri Sugiastuti (Bu Kanjeng). Menyusul buku solo pertama kumpulan resume belajar menulis Berani Menulis dalam 20 Hari (2020). Tahun 2022 menulis buku Pijar Lentera Asa, Memoar Guru Pembelajar (2022). Karya antologi lainnya adalah Senandung Guru 1 (2020), Jejak Digital Motivator Andal (2020), Membongkar Rahasia Menulis ala Guru Blogger (2021), Manuskrip Rasa (2022), dan Goresan Pena pada Sastra (2022).

Baru pertama membaca beliau kelahiran Kebumen, maka saya merasa dekat dengan beliau karena ibu saya juga orang Kebumen. Apalagi Koko Sim menyatakan bahwa bapak Susanto akan menyampaikan daging semua, sangat luar biasa.

Beliau menyatakan "Sahabat literasi,... salah satu dukungan kepada sahabatnya adalah dengan membeli buku karya temannya: Bu Omja, buku Bu Kanjeng, Buku Prof Ngainun meskipun hanya satu satu (mengingat bujet, saya beli)

Proofreading adalah mengedit, membaca ulang tulisan kita untuk diperbaiki. Membaca ulang sebaiknya dua atau tiga hari setelah penulisan. Hal yang perliu di cek adalah :

1. Typo atau salah ketik.

2.  Penggunaan tanda baca.

3. Konsisten dalam penggunaan istilah

4. Logika dalam suatu tulisan

Menurut EYD :

1. Penggunaan huruf

2. Kata

3. Tanda baca

4. Penulisan unsur serapan.

Contoh Proofreading

Tempat favorit saya untuk dikunjungi selama akhir pekan adalah rumah kakek nenek saya di dekat danau, di mana kami suka memancing dan berenang, dan kami sering naik perahu ke danau.

Menurut Anda ada berapa kalimat di atas. Satu! Ya, satu. Kalimat itu diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan titik. Apakah Anda merasa kalimat ini mudah dibaca?

Secara normal, kalimat itu terlalu panjang. Kita dapat memecahnya menjadi dua atau tiga kalimat agar membuatnya lebih jelas. Coba simak kalimat berikut.

Tempat favorit saya untuk dikunjungi selama akhir pekan adalah rumah kakek nenek saya. Itu dekat danau, tempat  kami suka memancing dan berenang. Kami juga sering naik perahu ke danau.

malam ini saya bertanya :

p4

Assalamu'alaikum wabarakatuh wabarakatuh, saya Darti isyanti dari jakarta utara izin bertanya. Apakah pengoreksi dalam penerbitan buku hanya satu orang? Cukup valid kah menulis sendiri dan mengoreksi sendiri?  Dimanakah kita mencari pengoreksi tulisan saya? Terimakasih🙏

Pengoreksi buku biasanya sudah satu paket dengan biaya cetak. Pengoreksi tulisan biasanya bernaung di penerbit yang merupakan bagian dari penerbit.

Pertanyaan Ibu Darti isyanti yang kedua, Dimanakah kita mencari pengoreksi tulisan saya?

Ibu maunya dengan siapa?

Jika menyerahkan naskah ke penerbit online, biasanya harga sudah termasuk bantuan editing sederhana. Penulis sebelumnya sudah melakukan swasunting.


Demikianlah resume malam ini yang saya buat.Semoga akan bermanfaat bagi rekan-rekan yang mampir ke blog saya.



Komentar

  1. Mantappp.. Keren, resume nya. Salam literasi

    BalasHapus
  2. Teriam kasih untuk OmJay, Narsum, TSo dan semua perserta KBMN 29. Saya mohon maaf jika banyak kesalahan dalam memandu bapak dan ibu sekalian pada kelas malam ini. Adakah typo pada kutipan kalimat diatas?

    BalasHapus
  3. Kadang terbalik, menerbitkan dulu baru proofreading. Tidak mengapa, karena sebetulnya proofreading dilakukan setelah tulisan selesai ... tapi, sebelum diterbitkan. Salam.

    BalasHapus
  4. Narsumnya ok banget, resumnya juga gak kalah ok👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Bun🙏. Narsum nya pada keren di kelas ini😊. Buat betah belajar

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay