Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita


 Penulis : Darti Isyanti, M.Pd

Judul     : Blog sebagai media pembelajaran

Resume ke-6

Gelombang -29

Tanggal 30


Juni 2023

Nara sumber : Bp. Brian Prasetyawan, S.Pd

Moderator     : Ibu Arofiah Afifi, S.Pd





Malam hari ini saya sangat bahagia bertemu dengan ibu Arofiah Afifi, S.Pd sebagai moderator. Saya mengenal beliau lewat peluncuran buku di bulan Juni walaupun hanya lewat Wattsaf.  Saya malam ini bertemu dengan BApah Brian Prasetyawan, S.Pd. Beliau adalah guru di SDN Sumur batu, tidak jauh dari tempat tinggal saya sekarang.

Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd lahir di Jakarta, 30 Juni 1992. Kini tinggal di Bekasi dan berprofesi sebagai guru SD di Jakarta. Memulai aktivitas menulis ketika blog pertamanya (www.praszetyawan.com) dibuat pada 2009. Profilnya pernah dimuat dalam buku berjudul "Majors For The Future". Beliau menerbitkan buku solo sebanyak  3 buah dan buku Antologi 14 buah.

malam ini pak Brian adalah narasumber bagaimana menjadi kreator di melintas.id. Berikut ini adalah tim redaksi melintas.id. https://www.melintas.id/redaksi. Tujuan didirikan Melintas.id untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah yang dimaksud bukan saja dari segi penghasilan, tapi lebih dari itu, yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Menulis di melintas.id memberi pengalaman dan wawasan baru tentang menulis. Melintas.id merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya.

Sebagian besar peserta KBMN PGRI adalah guru, kepsek, pengawas, dan semua yang bekerja di bidang Pendidikan. Hal tersebut menjadi potensi yang dapat dimaksimalkan untuk Bersama-sama mengembangkan melintas.id menjadi media online yang terdepan dan terpercaya dalam edukasi dan literasi.

Selain itu, Media Online KBMN PGRI juga akan menjadi sarana untuk memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah atau institusi pendidikan yang tergabung dalam KBMN PGRI. Melintas.id merupakan situs portal berita nasional yang pengelolaan IT-nya di bawah naungan promedia. Bahkan media online sebesar Suara Merdeka dan Jawa pos juga dipegang promedia. Keren banget bukan. Semakin mengenal melintas.id jadi semakin in gin menulis. Disisi lain pekerjaan seorang guru seperti saya merangkap bendahara sekolah sangat sibuk, namun saya mencoba membagi waktu dan terus berkarya. 

Sejak muda ingin sekali menulis namun baru kali ini bertemu dengan komunitas yang tepat.Napoleon Bonaparte, seorang panglima yang tersohor keberaniannya, kehebatannya kesuksesannya dalam dunia perang dan politik.

 Menurut ibu Rofiah Afifi moderator malam ini ada ucapan Napoleon Kurang lebih berkata :

 "Aku lebih takut kepada tiga  penulis yang bersenjata pena daripada, ribuan prajurit  yang bersenjata bayonet lengkap"

Kalimat di atas menggambarkan bahwa, peranan tulisan lebih  berpengaruh dan berbahaya daripada senjata. 

Kenapa demikian? 

Karena kekuatan peluru timah panas,  yang mengenai badan, hanya berefek satu peluru satu nyawa.

Semantara peluru-peluru yang ditembakkan penulis adalah huruf-huruf yang membentuk kalimat yang akan memberikan pengaruh yang sangat  signifikan.

Tulisan akan mengenai sasaran yaitu   pikiran,  dari pikiran akan  menembus hati.

Dengan menembus hati dan menembus pemikiran,  maka akan merubah paradigma berpikir dan wawasan. 

Keren sekali bukan ?

Pak Brian memberikan contoh puisi di melintas.id https://www.melintas.id/sastra/341636371/puisi-jiwa-muda-yang-terus-membara-dan-penuh-semangat-menjadi-garda-terdepan-untuk-meraih-kesuksesan.

Jenis-jenis penulis di Melintas.id adalah :

1. Penulis lepas

penulis yang tidak bergabung di grup WA melintas, tidak ada target jumlah tulisan, mengirim lewat email. ini cara mengirim tulisan ke melintas.id sebagai penulis lepas

https://www.melintas.id/literasi/34688327/ketentuan-dan-cara-mengirim-tulisan-ke-media-online-melintasid

2. Penulis Tetap

Penulis yang yakin ingin bergabung dengan melintas.id. Artinya siap mengikuti aturan dan sanggup memenuhi target jumlah tulisan. Kedepannya akan berpeluang mendapat honor jika melintas.id sudah mampu menghasilkan pendapatan.Cara menulis di melintas.id sebagai penulis tetap:

Berbeda dengan menulis di blog, penulis melintas tidak memiliki akun akses menulis langsung di melintas. Yang punya hanya editor dan tim redaksi. Maka cara menulisnya adalah dengan menulis di word lalu mengirim ke google form. Berikut ini tata caranya:

1. Download format file word

2. Isi seluruh kolom table yang disediakan, baru lalu menulis isi tulisan

3. Kirim ke link form:

Ada jenis jenjang penulis tetap di melintas

a. Calon Content Creator (CC)

Bagi yang baru bergabung, akan masuk di grup ini. Nama anda selaku penulis akan menumpang dulu dengan nama editor. Nama anda tertulis sebagai contributor.

Diberi target menulis minimal 15 tulisan dalam 1 bulan. Jika dapat memenuhi, akan naik jenjang menjadi Content Creator (CC). Jika tidak memenuhi, akan dikeluarkan dari grup. Silakan menjadi penulis lepas saja. 

b. Content creator (contributor)

Jika sudah memenuhi syarat 15 tulisan, akan masuk di grup baru yaitu Author dan CC melintas. Anda resmi menjadi CC Melintas.id. Namun nama anda selaku penulis masih menumpang dengan nama editor. Maka, agar bisa punya profil nama sendiri di melintas, harus jadi author. Syarat jadi author adalah menulis minimal 15 tulisan.

c. Author

Jika sudah mencapai jenjang author, anda sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id. Anda memiliki profil nama sendiri, tidak lagi menumpang nama editor. Nama anda tercatat dalam database CMS melintas.id. Namun tentu ada tanggung jawabnya yaitu harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi, akan diturunkan Kembali jadi kontributor.


Bapak Ibu CC (content creators) yang kami hormati dan kami banggakan, salam hormat dari redaksi Melintas.id

Melintas.id sudah mengudara dari hari Jumat, artinya sudah 4 hari mengudara.

Tentu ada temuan yang kami dapati, antara lain:

1.       Judul :

a)       Masih banyak judul belum sesuai ketentuan SEO (Search Engine Optimization)

b)      Ketentuan dari penyedia teknologi kita yaitu Promedia Judul minimal 90 karakter maksimal 110 karakter setara dengan 10 sampai 13 kata yang mendeskripsikan isi artikel, puisi, cerita dll

c)       Setiap judul mengandung minimal 2 keyword paling banyak 5 keyword

2.       Keyword

a)      Keyword berupa kata terkenal yang kemungkinan orang akan mengetikan ke mesin pencari (Search engine)

b)      Keyword berupa Nama (bisa nama orang, nama tempat, hal yang berkaitan dengan artikel)

c)       Keyword harus ada di judul, Paragraf 1, 2, 3 dan deskripis (baik deskripsi artikel maupun deskripsi gambar)

d)      Keyword  minimal 3 maksimal 5

3.       Paragraf

a)      Dalam setiap paragraf 1, 2, dan 3 wajib tertera minimal 2 keyword maksimal 5 keyword

b)      Sebaiknya atau (tidak harus) berupa prolog ke isi artikel, puisi, cerita dll agar mengandung keyword yang sudah ditentukan

c)       Setiap paragraf terdiri satu kalimat panjang atau 2 kalimat pendek

d)      Artikel (bukan kategori puisi) minimal 16 paragraf atau setara dengan 1 setengah halaman ukuran A4 font Calibri 12 maksimal 3 halaman A 4 font Calibri 12

4.       Sumber tulisan berita

a)      Sumber harus dari web resmi (bukan web media online atau web berita)

b)      Kalimat sumber hanya di ambil intisarinya saja terus di kembangkan sendiri

c)       Boleh web, IG, FB, Twitter, Tiktok dll

d)      IG harus IG pemilik asli bukan Buzzer

e)      Untuk youtube harus cek kolom/bagian tentang/about

f)        Ambil web luar negeri selama tidak ada perwakilan di Indonesia

5.       Artikel /berita

a)      Khusus berita wajib disertai sumber (boleh hasil wawancara)

b)      Rubrik yang lain sebaiknya menggunakan sumber

c)       DILARANG MELAKUKAN PLAGIARISME KARENA JIKA KETAHUAN OLEH GOOGLE MAKA MEDIA KITA AKAN DI TAKE DOWN (SAYA SUDAH MENEMUKAN ADA BEBERAPA ARTIKEL TERINDIKASI PLAGIARISME)

d)      Artikel yang akan di publish artikel yang memenuhi kriteria ketentuan menulis agar keterbacaan artikel tinggi

e)      Artikel ditulis agar di baca orang lain maka harus sesuai ketentuan 

      Aturan tambahan:

   1. Editor melintas.id akan mengecek kiriman tulisan yang masuk. Berapa persen       plagiarismenya. Batas toleransi plagiarisme maksimal 30%.

    2.Tulisan di melintas.id wajib ada gambar

    3. Gambar yang boleh dipakai hanyalah dari dokumentasi pribadi, medsos   tokoh/instansi, situs penyedia gambar gratis seperti freepik.com, pixabay.com,    pexels.com, dll

    4. Panjang tulisan minimal 350 kata. Maksimal 800 kata

     5. Minimal 4 bait, 1 bait terdiri 4 baris

     6. Target utamanya adalah mendapat banyak pengunjung. Sumber pengunjung terbesar masih dari google

        Hormat kami tim redaksi Melintaarget utamanya adalah mendapat banyak pengunjung.         Sumber pengunjung terbesar masih dari googles.id


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,  selamat malam, 

Pertanyaan: 

1. Mengapa di melintas.id tidak ada rubrik entertainment atau berita tentang selebritis?

2. Untuk menjadi penulis yang baik di portal berita mana yang lebih kita pentingkan idealisme, kemauan pribadi/mood atau mengejar jumlah Viewer (Menarik bagi pembaca)

Jawaban

1. Karena melintas.id ingin mengusung sebagai situs terdepan dalam pendidikan dan Literasi

Akan kontradiktif jika situs pendidikan memuat berita kasus perselingkuhan artis 

Namun bukan berarti hal-hal tentang artis ditolak semua. Jika ada berita artis tapi terkait dengan pendidikan atau parenting, bisa dimuat

2. Harus realistis, menulis di portal berita adalah mengejar jumlah pembaca. Kadang ini yang suka bersebrangan dengan idealisme/norma baku kepenulisan.


Assalamu'alaikum Kak Ovi, izin bertanya untuk Pak Brian

Silvie-Serang

1. Apa pertimbangan menjadi cc Melintas harus  memiliki 15 tulisan yg dimuat? 

2. Berapa lama tulisan kita   bisa dikatakan dimuat/tidak? Adakah batasan waktunya? 

Jawaban : 

1. terlalu sedikit ya 15 tulisan? 😅. Iya harusnya 30 tulisan karena komitmen awal menulis setiap hari. Namun kesepakatan dari tim redaksi adalah minimal 15 tulisan. Sehingga setidaknya produktif menulis dua hari sekali

2. tidak ada batasan waktu yang pasti. Rata-rata paling lama 1 hari. Tapi ada yang berhari-hari karena banyak tidak sesuai dengan ketentuan melintas. Jika seminggu belum tayang dan tidak ada kabar, bisa tanyakan japri ke saya

1. Semaja menurut KBBI artinya yang sesungguhnya

2. Seperti yang sudah disampaikan. Penulis lepas tidak masuk grup WA melintas, mengirim lewat email, tidak dituntut menulis setiap hari, tidak ada honor. Penulis tetap masuk grup WA melintas, mengirim lewat google form, dituntut menulis tiap hari, prospek kedepan ada honor sesuai jumlah viewers, bukan jumlah tulisan

3 iya bisa sekedar berita kegiatan sekolah, bisa juga tulisan lebih mendalam terkait hikmah dari kegiatan tersebut.

Jawaban

1. Tergantung. lihat dulu menu "tentang" channel youtube tersebut. Apakah ada disclaimer bahwa kontennya boleh dipakai atau tidak.

2. sumber berita harus ada. Termasuk jika tulisan opini maka ditulis opini pribadi, tulisan sastra ditulis sumbernya: imajinasi penulis, berita hasil liputan sendiri ditulis: liputan langsung

Pertanyaan: 

Nama saya Darti isyanti dari Jakarta. Izin bertanya. Pertanyaan saya bagaimana agar tulisan saya bisa diterbitkan di Melintas .id , sedangkan saya baru pemula?

2. Maaf untuk materi menulis seabiknya topik apa saja dan sumber tidak boleh dari kompetitor, berarti yang dibolehkan sumber dari mana saja bun. Terimakasih

Fahami cara penulisan  dan tidak boleh salah ketik.2. sumber yang diperbolehkan: website instansi pemerintah/swasta, medsos instansi/tokoh.

Closing statemen dari bapak Brian: melintas.id sudah memiliki lebih dari 1.000 tulisan

malam ini sangat senang karena sedikitnya saya mengetahui bagaimana meng uplot tulisan dan berhubungan terus dengan penulis handal.

termasuk tulisan yang sudah ada di blog pribadi, tidak boleh dimuat lagi di melintas. Kecuali tulisan diblog pribadinya di hapus atau kembalikan ke draf.

Terimakasih .

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay