Darti Isyanti hari ke-25 Permainan anggar-anggaran

 24. Permainan anggar-anggaran

Permainan anggar-anggaran merupakan salah satu permainan dari Betawi. Permainan ini dimainkan secara individu. Biasanya dimainkan oleh 2 orang. Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki umur 6-10 tahun. Permainan ini membutuhkan alat berupa pelepah pisang yang daunnya sudah dibuang. Permainan ini tidak membahayakan karena pelepah pisang bersifat lentur dan tidak melukai tubuh. cara memainkan permainan ini adalah sebagai berikut:

  1. Dua anak melakukan suten, suten untuk menentukan siapa yang akan menyerang terlebih dahulu. 

  2. Kedua anak akan saling menyerang menggunakan pelepah pisang.

  3. Peraturan dalam permainan anggar adalah boleh saling menyerang namun antara bahu sampai kaki. Sedangkan bagian kepala dan wajah tidak boleh diserang.

  4. Dalam permainan ini dianggap pemenang adalah bila paling banyak anggarnya menyentuh lawan. dalam hal ini dibutuhkan wasit untuk menghitung berapa banyak ujung pelepah pisang menyentuh tubuh lawannya. 

Dalam permainan ini diperlukan keseimbangan, ketangkasan, kejujuran, keuletan, kemampuan berhitung, kedisiplinan dan patuh pada peraturan. Permainan ini juga membuat tubuh sehat karena semua bagian tubuh ikut bergerak. Namun sangat disayangkan permainan anggar-anggaran saat ini jarang dimainkan oleh anak-anak karena perkembangan zaman dimana anak-anak sulit mendapatkan pelepah pisang di kebun atau di halaman rumah. Hal ini dikarenakan lahan atau kebun banyak didirikan pemukiman.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay