Darti hari ke 21-Petak jongkok

 19. Permainan petak jongkok


                                    Gb. Anak sedang bermain petak jongkok

Permainan Petak jongkok merupakan permainan yang sampai saat ini masih sangat digemari oleh anak-anak Betawi. Permainan ini disukai khususnya oleh anak laki-laki usia 9-12 tahun. Peserta dalam permainan ini berjumlah 5-10 anak atau lebih sesuai dengan kesepakatan. Dalam permainan ini mengutamakan ketangkasan dan kekuatan. Permainan ini dapat dilakukan di halaman, dilapangan atau di gang. Cara melakukan permainan ini adalah ;

  1. Pemain melakukan hompimpah dan diakhiri dengan suit untuk menentukan penjaga atau pengejar.

  2. Penjaga mengejar pemain yang lai sampai tersentuh salah satu anggota badannya, maka penjaga berganti.

  3. Bila peserta yang dikejar merasa tidak kuat maka boleh berjongkok maka penjaga mengejar peserta lain. namun peserta terakhir mau tidak mau harus terus berlari dan menyentuh salah satu peserta yang jongkok.

  4. Peserta yang bangun dari jongkok akan berusaha untuk menolong peserta lain yang jongkok dengan menyentuh salah satu anggota tubuhnya dan terus berlari menghindari penjaga. begitu seterusnya sampai penjaga berhasil menyentuh temannya yang berlari. 

  5. Permainan dihentikan apabila disepakati oleh pemainnya.

Permainan petak jongkok ini mengemnbangkan nilai luhur diantaranya kejujuran, kerjasama, cinta alam, mengasah strategi, problem solving, keseimbangan  dan ketangkasan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay