Darti Isyanti hari ke -26 permainan kuda bisik

 25. Permainan kuda bisik

Permainan kuda bisik ini berasal dari Betawi. Permainan ini masih banyak ditemukan di masyarakat. Karena permainan ini tidak membutuhkan alat atau halaman yang luas, dapat dilakukan di halaman atau teras. Permainan ini biasanya dilakukan oleh anak laki-laki. Permainan kuda bisik terdiri dari dua regu. masing-masing regu memiliki 3 anggota. cara memainkan permainan ini adalah :

  1. Dua tim melakukan suten dengan diawasi oleh wasit.

  2. Dua tim berbaris membuat kelompok dan berhadapan di depan wasit.

  3. Tim yang menang suten misalnya tim A, maka salah satu anggota tim maju menghampiri juri dan membisikkan nama salah satu tim lawan. lalu kembali ke kelompoknya atau barisannya.

  4. Tim B, kali ini salah satu anggota kelompoknya bergantian maju menghampiri juri dan membisikkan nama kelompok lawan. Apabila yang maju menghampiri wasit bukan nama yang dibisikkan oleh kelompok A maka permainan akan terus dilanjutkan. Namun bila yang dibisikkan tim A kebetulan adalah anggota tim B yang maju maka tim B harus menggendong tim A sesuai kesepakatan jarak jauh menggendongnya.

  5. begitu permainan selanjutnya.

Permainan ini melatih kekuatan fisik, keseimbangan, kejujuran, keuletan, patuh pada peraturan, disiplin, komunikasi, kerjasama, tenggang rasa dan setia kawan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Darti Isyanti/Hari ke-2 : Produktif diusia senja

Darti Isyanti/ke- 6 : Teknik menulis untuk situs portal berita

Darti Isyanti, ke 23/ Merdeka menulis Omjay